Kamis, 01 Desember 2011


           II.      Pemasaran

1.      Pengertian Pasar Dan Pemasaran
·        Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang atau jasa.
·        Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah usaha promosi atau cara perusahaan dalam mempengaruhi konsumen agar pembeli produknya.

2        Jenis-Jenis Pasar
a.       Menurut Fisiknya
·        Pasar konkret (Pasar nyata) adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual melakukan transaksi secara langsung.
Contoh: pasar sayuran, buah-buahan dan pasar tradisional.
·        Pasar abstrak (pasar tidak nyata) adalah terjadinya transaksi adalah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telephon, internet dan lain-lain.
b.      Menurut Waktunya
·        Pasar harian adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang dipenjualbelikan adalah barang kelihatan sehari-hari.
·        Pasar mingguan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat di daerah yang belum padat penduduk dan lokasi pemungkimannya masih berjauhan.
·        Pasar bulanan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikannya barang yang akan dijual kembali (agen/grosir).
·        Pasar tahunan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setahun sekali, misalnya PRJ (Pekan Raya Jakarta).
c.       Menurut barang yang diperjualbelikan
·        Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
·        Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti: tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin dan tanah.
d.      Menurut luas kegiatannya
·        Pasar setempat adalah pasar yang penjual dan pembelinya hanya penduduk setempat.
·        Pasar daerah atau pasar lokal adalah pasar disetiap daerah yang memperjualbelikan barang-barang yang diperlukan penduduk daerah tersebut. Contohnya: pasar gede di solo.
·        Pasar nasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual-beli barang mencangkup satu negara. Contoh:pasar senen.
e.       Menurut Bentuk / Organisasi / Struktur Pasar
·        Pasar persaingan sempurna (teroganisir), dengan cirri-ciri sebagai berikut:
1)      Kekuatan permitaan dan penawaran dalam membetukharga
2)      Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen atau sejenis
3)      Jumlah penjual dan pembeli relative banyak
4)      Setiap pembeli bebas membeli kepada setiap penjual
5)      Pedagang bebas keluar masuk pasar
·        Pasar persaingan tidak sempurna (pasar tidak terorganisir secara sempurna) dengan cirri-ciri sebagai berikut.
1)      Penjual dan pembeli tidak bebas berinteraksi
2)      Penjual dan pembeli tidak mengetahui persis keadaan pasar
3)      Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen atau beragam
f.        Menurut sifat pembentukan harga
·        Pasar persaingan adalah pasar yang pembetukan harga ditentukan oleh persaingan diantara permintaan jeruk turun tetapi penawaran jeruk tetap harga jeruk tersebut akan turun begitu pula sebaliknya.
·        Pasar monopoli adalah pagar yang penjual suatu barang dipasar hanya satu orang, contoh PT Kereta Api Indonesia.
·        Pasar duopoli adalah pasar yang penjualnya hanya dua orang dan menguasai penawaran suatu barang dan mengendalikan harga barang.
·        Pasar oligopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh satu dari penjual tersebut yang mengendalikan tingkat harga barang. Contoh: perusahaan otomotif Astra Indonesia.
·        Pasar monopsoni adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh satu sekelompok pembeli.
·        Pasar duopsoni adalah pasar yang bembentuk harga barangnya dikendalikan oleh dua orang atau dua sekelompok pembeli.
·        Pasar oligopoli adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh beberapa orang atau beberapa kelompok pembeli.

3        Konsep-Konsep Inti Pemasaran
                                                                          
Right Arrow: Kebutuhan/                     Pemasaran         Keuntungan Melalui                                                                                                            
Keinginan                       Terpadu              kepuasan konsumen                                                            
Konsumen                                                                                                       
                        fokus                                  Arti                     Tujuan Aktiva                                                          
          
4.      Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran (marketing Mix) merupakan komponen-komponen pemasaran yang dimanfaatkan oleh manajemen didalam kegiatan penjualan. Menurut Hermawan, bauran pemasaran (marketing mix).
1)      4A (assortment, affordable, available, announcement)
2)      4B (best, bargaining, buffer stoching, bombairding)
3)      4P (product, price, place, promotion)
4)      4V (variety, value, venue, voice)
5)      4 C (costumer, solution, cost, convience, communication)

5        Management Pemasaran
Management pemasaran mempunyai 5 konsep
a)      Konsep produksi
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan merek. Karena itu manajemen perlu berkonsentrasi pada peningkatan efisiensi produksi dan efisiensi distribusi konsep produksi ini merupakan alternatif yang tepat bila menghadapi dua macam situasi. Pertama, bila permintaan akan suatu produk melebihi pasokan, sehingga perlu diupayakan peningkatan produksi. Kedua, bila biaya tinggi sehingga produksi perlu diturunkan sambil melakukan perbaikan produktvitas.
b)      Konsep produk
Konsep ini berpegangan teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu, penampilan, maupun keistimewaan dibandingkan produk sejenis, karena itu oraganisasi perlu mengadakan perbaikan-perbaikan produk yang berkesinambungan.
c)      Konsep penjualan
Konsep penjualan menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidak akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan. Konsep penjualan biasanyadilakukan pada produk-produk yang kurang diminati atau tidak terlalu dipikirkan oleh pembeli, seperti asuiransi dan buku ensiklopedia karena itu perlu di upayakan teknik penjualan untuk mendapatkan pembeli potensial, misalnya dengan menerangkan manfaat produk bersangkutan.
d)      Konsep pemasaran
Menurut konsep ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran. Organisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta mengupayakan pemenuhan keputusan yang lebih baik ketimbang yang apa yang dilakukan pesaing.
e)      Konsep pemasaran kemasyarakatan
Menurut konsep ini tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebetuhan, keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang lebih efisiensi dan efektif dari pada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.

6.      Tujuan Sistem Pemasaran
Tujuan sistem pemasaran adalah memaksimalkan konsumsi, kepuasan konsumen, pilihan konsumen dan kualitas hidup. Pemasaran menghadapi banyak keputusan pada saat mmempersiapkan peluncuran produk. Kelompok konsumen maka yang dijadikan pasar sasaran? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Bagaimana produk didesain dan berapa harga yang ditetapkan? Siapa perantara yang digunakan dan berapa banyak? Bagaimana promosi dilakukan?
Publik mencermati apakah produk aman digunakan, apakah pembuatannya tidak merusak lingkungan, apakah persaingan dilakukan dengan adil, apakah promosi dan harga tidak menipu dan lain-lain. Dengan adanya sistem pemasaran, apa yang diperoleh masyarakat? Ada empat sasaran yang bisa dicapai.
1)      Memaksimalkan konsumsi, dimana konsumen bebas menkonsumsi atau memakai produk yang mampu mereka beli.
2)      Memaksimalkan kepuasaan konsumen, sebab hanya produk yang akan dibeli konsumen. Mengapa demikian? Karena produsen tidak hanya satu.
3)      Memaksimalkan pilihan konsumen, keinginan manusia itu beragam.
4)      Memaksimalkan kualitas hidup. Dengan konsumsi yang lebih tinggi, kepuasaan yang lebih besar serta pilihan yang lebih banyak,  tentu hasil akhir yang diperoleh konsumen adalah meningkatkannya kualitas hidup.

7.      Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
·        Pendekatan serba fungsi
·        Pendekatan serba lembaga
·        Pendekatan serbba barang
·        Pendekatan serba manajemen
·        Pendekatan serba sistem


Tidak ada komentar:

Posting Komentar