Rabu, 14 Maret 2012


Sistem Perekonomian Indonesia 2012 Dari Berbagai Sektor Dan Segi Positif Dan Negatif

Ø     Positif

Bidang Ekonomi
  1. RI Siap Percepat Negosiasi CEPA
 Indonesia siap mempercepat negosiasi kerja sama bilateral perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau comprehensive economic partnership agreement (CEPA). Saat ini Eropa tengah mengalami masa yang sulit akibat krisis, sehingga kerja sama bilateral bisa jadi salah satu solusi guna mendorong pertumbuhan ekonomi Eropa dan juga Indonesia. CEPA bersifat saling melengkapi sehingga bisa menguntungkan bagi kedua Negara. CEPA ini berbeda dengan FTA yang hanya fokus pada pembebasan bea masuk. Kerja sama komprehensif ini juga memfasilitasi isu-isu utama terkait perdagangan, investasi, dan capacity building.
CEPA bisa membantu menyelesaikan sejumlah masalah yang selama ini masih menghambat kerja sama antara kedua negara yang diantaranya terkait dengan standar dari minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan makanan. CEPA Indonesia-Uni Eropa akan lebih menguntungkan dibandingkan FTA dengan ASEAN-China. Pasalnya, inisiatif kerja sama diambil sendiri pengusaha dengan mengupayakan win-win conditions. Rencana ini harus di percepat karena tidak banyak kontradiksinya. Sebelum melakukan negosiasi, sebaiknya CEPA disosialikasikan kepada para pengusaha nasional. Hal ini agar ada kesepahaman baik pengusaha, pemerintah daerah dan semua pihak yang terlibat.

  1. Pemerintah Setuju Petral Dipertahankan.
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham mayoritas PT Pertamina mendukung tidak dibubarkan anak usahanya, PT Pertamina Enegry Trading Ltd (Petral). Namun dengan syarat, Pertamina memiliki cara yang lebih baik untuk memperbaiki sistem di Petral dalam menjalankan fungsinya dalam pengadaan minyak mentah maupun produk bahan bakar minyak (BBM).
Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, pemegang saham perusahaan minyak dan gas (migas) pelat merah tersebut tetap menginginkan adanya perubahan, pada anak usaha pertamina itu. Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan, Pertamina mengapresiasi langkah Kementrian BUMN untuk tidak membubarkan Petral. Menurut, Pertamina telah memberikan masukan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan baik dari segala macam efisiensi Petral selama ini.
Harun mengungkapkan, Pertamina juga akan melakukan updating sistem baik dari sistem yang baru. Dia menjelaskan, keberadaan Petral merupakan sole trading arm yang sekaligus menjalankan fungsi market intelligent, dirasakan sangat penting bagi Pertamina, karena merupakan ahlinya dalam bisnis trading minyak mentah dan produk BBM yang terjadi di pasaar global.

  1. Inalum Akan Dikelola BUMN.
Pemerintah kembali menegaskan bahwa PT Indonesia Asaha Aluminium (Inalum) akan dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN), setelah kepemilikannya diambil ahli oleh pemerintah Indonesia pada 2013.
Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, penunjukan BUMN yang akan mengelola perusahaan yang berlokasi di Sumatera Utara itu akan dilakukan oleh Presiden. Saat ini porsi kepemilikan Inalum 41,12% oleh pemerintah Indonesia dan 58,88% oleh Nippon Asahan Alumunium. Inalum adalah perusahaan alumunium smelter, hasil kerja sama Indonesia dengan Konsorsium Pengusaha Aluminium Jepang (NAA) yang berdiri sejak 1975.
Hidayat menambahkan, BUMN yang akan mengelola Inalum bisa berupa perusahaan baru atau yang sudah ada. Selain itu, dalam operasionalnya nanti BUMN itu juga bebas bekerja sama dengan mitra lokal dan asing. Langkah pertama akan pemerintah ambil ahli dan akan tetap memegang mayoritas kepemilikan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, pemerintah Indonesia sudah memutuskan tidak akan meneruskan kerja sama dengan Jepang setelah mengambil ahli kepemilikan Inalum. Tahap pertama proses pengambilan alihan Inalum akan ditangani oleh menteri keuangan sebagai penentu sumber dana untuk membeli saham dari konsorsium Jepang yang mencapai 58,88%. Tahap kedua menyusun apa pendanaannya dari APBN atau dari perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Selanjutnya, pemerintah akan menyusun rencana jangka panjang seperti peningkatan kapasitas dan keterkaitan dengan industri bahan baku alumunium di dalam negeri.
Hidayat mengatakan, kapasitas produksi Inalum akan ditingkatkan dari 250.000 ton per tahun menjadi 410.000 ton per tahun.


Bidang Tehknologi
  1. Daihatsu Siapkan Investasi Rp 1 Triliun.
PT Astra Internasional Tbk (ASII) melalui anak usahanya, PT Daihatsu Sales Operation (Al-DSO), akan membuka 30 outlet terpadu dengan nilai Rp 1triliun. Pembukaan 30 outlet ini akan dilakukan dalam kurung waktu 2012-2014.
Chief Executive Officer PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin memaparkan, sebagai tahap awal, perseroan akan membuka tiga outlet terpadu di tiga kota secara bersamaan. Tiga outlet berstandar global tersebut tersebar di AI-DSO cabang Pondok Cabe, Tanggerang, AI-DSO cabang Pekanbaru, Riau, dan AI-DSO cabang Bandar Jaya, Lampung. Total investasi AI-DSO untuk membangun 30 oulet plus pembangunan yang digelar sejumlah dealer selama tiga tahun itu mencapai RP1 triliun.
Dengan peresmian itu, jumlah outlet Daihatsu ditanah air saat ini sebanyak 181 buah. Dari jumlah itu, 106 outlet sudah berstandar VSP, sisanya 75 outlet masih berstandar V atau hanya berjualan kendaraan. Ditargetkan, selama 2012 akan adaa 10 outlet baru berstandar VSP.
Suparno yakin, penambahan outlet membuat penjualan mobil Daihatsu meningkat. Tahun ini diperkirakan jumlah penjualan wholesales Daihatsu sebanyak 166.000 unit dengan target penguasaan pasar 16,6%.
Daihatsu berhasil mempertahankan peringkat kedua penjualan mobil nasional. Sepanjang 2011, Daihatsu berhasil mendongkrak penjualan wholesales mencapai 139.544 unit atas meningkat18% dari tahun sebelumnya, yaitu 118.591 unit dengan market share 15,6%.
Kepala Cabang AI-DSO Pekanbaru Saulius Farlyan menjelaskan, awalnya di Pekanbaru hanya ada outlet khusus penjualan. Saat ini kami memiliki outlet terpadu yang modern dan nyaman bagi konsumen yang ingin membeli mobil, spare part, serta service. Oulet ini dilengkapi fasilitas hotspot untuk akses internet, kids corner, dan ruang tunggu yang nyaman. Kami juga menerapkan service supercepat, hanya 59 menit.
Dia menargetkan, total penjualan mobil Daihatsu di Pekanbaru sebanyak 200 unit perbulan dan target perbaikan 100 unit perbulan. Saat ini, kata Saulius, total penjualan mobil Daihatsu tahun lalu sebanyak 1.945 unit dengan pangsa pasar 16% dari total penjualan automotif di pekanbaru sebanyak 12.152 unit. Tahun sebelumnya 1.798 unit (17,45%) dari total penjualan automotif 10.302.

  1. Astra Honda Motor Bangun Pabrik
    PT Astra Honda Motor (AHM) membangun pabrik baru dengan kapasitas poduksi sebesar 1,1 juta unit per tahun untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik (skuter otomotik) di dalam negeri. AHM yang merupakan perusahaan perusahaan joint venture PT Astra Internasional Tbk dan Honda Motor Co menanamkan modal sebesar Rp3,128 triliun untuk proyek tersebut.
Pabrik baru AHM akan dibangun di kawasan Industri Bukit Indah di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas perakitan sepeda motor ini diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir semester II/2013. Pabrik AHM yang keempat tersebut akan melengkapi tiga pabrik sepedab motor Honda yang sudah ada sebelumnya di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan tambahan fasilitas baru tersebut, total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta unit pertahun.
Konsep dari pabrik baru itu nantinya adalah mampu mengurangi jumlah emisi CO2 dan memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, serta pembangkit listrik tenaga surya. Selain itu, pabrik dirancang agar setiap proses produksinya berlangsung secara canggih sehingga akan menjadi pabrik yang nyaman bagi tenaga kerja, serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.
Pabrik baru AHM ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini akan menjadi sekitar 21.00 orang. Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk  terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di dalam negeri, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru selain juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkatkan,”kata Executive Vice President Director AHM Juhannes Loman.
Penjualan AHM pada tahun 2011 tercatat 4,27 juta unit, atau tumbuh 25,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6-4,8 juta unit dengan prediksi bahwa total pasar akan meningkatkan menjadi sekitar 8,4-8,7 juta unit.   

  1. Merpati Siap Diprivatisasi 2018
Merpati Nusantara Airlines menyatakan siap diprivatasasi pada 2018. Maskapai penerbangan perintis tersebut telah menyiapkan progam transformasi seperti halnya maskapai PT Garuda Indonesia Tbk dengan program Quantum Leap-nya.
Kami punya grand  design, kalau Garuda punya Quantum Leap, kami juga punya. Titik puncak dari grand design itu adalah kami siap pemegang saham melakukan privatisasi atas Merpati, bisa dengan melakukan IPO (initial public offering/IPO), atau dengan investor strategi, kata Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines Sardjono Johnny Tjitrokusumo di Jakarta kemarin.
Perseroan membuat grand design penyehatan dan pengembangan Merpati yang sudah disetujui pemerintah. Dalam program itu, dipatok pencapaian –pencapaian Merpati dari tahun ke tahunnya dalam periode 2010-2018. Pada 2010-2011 Merpati masih dalam tahap berusaha bertahan (survival). Lalu, periode 2012 Merpati melakukan revitalisasi armada, periode 2013-2014 mereposisi pasar dan layanan, periode 2015-2017 mencapai laba, dan pada 2018 pemegang saham bisa melakukan privatisasi atas Merpati.
Direktur keuangan Merpati Nusantara Airlines Nusantara Roem mengatakan, perusahaannya telah mendapat modal Rp61 miliar dari pemerintah dalam bentuk penyertaan modal Negara (PMN) untuk meraih target tersebut. Lebih dari 60% dari dana PMN itu telah dan sedang digunakan untuk revitalisasi armada, sisanya untuk membayar dan melunasi utang.
Pada 2011 Merpati mengangkut sekitar 2,5 juta penumpang dengan pendapatam hanya Rp1,6 triliun. Pada tahun ini maskapai pelat merah tersebut menargetkan pendapatan tumbuh 150% seiring kedatangan pesawat jet baru produksi Boeing.
Sementara, anak perusahaan Merpati Maintenace Facility (MMF), perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat atau maintenance, repair, dan overhaul (MRO) asing. Jhonny mengatakan, perusahaan perawatan pesawat Internasional yang telah dibidik oleh MMF untuk diajak kerja sama adalah Xian Tai Co dari China, Shandong TAECO Aircaft Enginering (STAECO) yang juga berasal dari China, dan terakhir Aero Turbin dari Amerika Serikat..
Tujuan kerja sama dengan pihak ketiga ini yaitu pengembangan MMF dan tentu saja dengan harapan adanya peningkatan pendapatan, saat ini kami masih untung, tapi Cuma sedikit.
Saat ini MMF masih dalam tahap pembahasan dengan perushaan pembahasan dengan perusahaan MRO Internasional. Dia menjajikan, dalam tiga bulan ke depan, kerja sama antara MMF dengan perusahaan MRO asing akan disahkan dalam nota perjanjian kerja sama. Jhonny menjelaskan, tahun ini perseroannya telah mengucurkan dana sebesar Rp12 miliar untuk pengembangan MMF.   


Ø     Negatif

Bidang Ekonomi:
  1. BBM naik, pembatasan ditiadakan.
Pemerintah menegaskan, jika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi telah dinaikkan, maka program pembatasan tidak akan dijalankan. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo mengatakan, pembatasan BBM bersubsidi tidak perlu lagi diberlakukan terhadap kendaraan pelat hitam seperti yang direncanakan sebelumnya. Namun, untuk mobil dinas milik pemerintah, pembatasan konsumsi BBM bersubsidi tetap dijalankan.
Hal itu berbeda dengan UU APBN 2012 yang hanya menyebutkan tentang pembatasan BBM bersubsidi. Sehingga, pembatasan BBM sudah tidak akan diberlakukan lagi. Dia juga menegaskan, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi jangan hanya dipandang dari sisi harga yang tinggi apalagi dibandingkan dengan Negara lain penghasil dunia.
Terkait kebijakan konversi dari BBM ke bahan bakar gas (BBG), kata Widjajono, akan dilanjutkan dengan alasan kebijakan peralihan tersebut dapat mengurangi pemakaian minyak jangka panjang. Biaya menggunakan BBG pun diakui lebih murah, yakni hanya 60% dari BBM.
Alumnus Teknik Perminyakan ITB ini juga memprediksi, pemerintah tidak akan berani menaikkan harga BBM hingga Rp2000 per liter. Alasaannya, kenaikkan harga yang tinggi. Pri juga menjelaskan, jika pemerintah nantinya menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp1000 per liter, akan menghemat anggaran Rp38,3 triliun. Penghematan tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih produktif seperti infrastruktur.
Ketika harga BBM naik, maka harga barang juga akan ikut naik, kita bisa lebih banyak jadi importer. Pasti akan langsung naik barang-barangnya.kalau transportasi naik 35%. Pemerintah harus membantu mereka jangan sampai lebih dari 10-15% kenaikkannya.

  1. Produksi Freeport Masih Terhenti.
PT Freeport Indonesia menyatakan, hingga saat ini kegiatan produksi masih terhenti akibat pekerja kembali mogok kerja sejak pekan lalu. Namun, perusahaan terus berupaya menjalin komunikasi agar terjadi kesepakatan.Directori/Executive Vice President & Chief Administration Officer PT Freeport Indonesia Sinta Sirait menjelaskan, Freeport siap melaksanakan komitmen yang telah disepakati sebelumnya. Memang ada sedikit  interupsi. Mungkin belum ada sepakatan antara karyawan yang bekerja dan yang kemarin ikut dalam aksi mogok
Sinta mengakui, beberapa karyawan sepertinya diintimidasi. Namun, Freeport terus berusaha memberikan rasa nyaman dan aman kepada pekerja, sehingga terus terjalin komunikasi yang baik. Untuk sementara, dia melanjutkan, produksi tambang Freetport dihentikan tapi pengapalan konsentrat masih berlangsung. Seperti diketahui, pekerja Freeport kembali mogok keja dan menghentikan kegiatannya di tambang emas Grasberg, Timika, Papua. Sejumlah karyawan yang tidak ikut aksi mogok kerja mengalami tindakan kekerasan.
Menurut dia, ketentuan mengenai kewajiban mengolah konsentrat didalam negeri merupakan bagian dari poin renegosiasi kontrak karya pertambangan PT Freeport Indonesia dengan pemerintah Indonesia. Kata Sinta, Freeport sedang menanti panggilan dari pemerintah untuk jadwal rembuk soal kontrak karya ini.

  1. PLN Terancam Rugi Rp3 Miliar per Hari
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero memperkirakan kerugian akibat reklamasi pantai utara Jakarta bisa mencapai Rp3 miliar per hari. Jumlah tersebut disebabkan potensi gangguan operasional pada enam unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Muara Karang. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenaga listrik PLN Satri Falanu mengatakan, reklamasi pantai utara Jakarta tahap pertama yang saat ini menjadi kawasan Pantai Mutiara telah mengubah infrastruktur outlet sistem air pendingin PLTGU Muara karang.
Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu air di intakecanal pembangkit dari kondisi awal 29 derajat Celsius menjadi 31,1 derajat Celsius. Dia menambahkan, reklamasi pantai utara Jakarta juga berpotensi menimbulkan semakin sempitnya zona sirkulasi air pendingin serta air baku untuk kebutuhan PLTGU Muara Karang. Akibatnya, terjadi peningkatan suhu air pendingin yang sekarang mencapai 31,3 derajat Celsius.
Adapun, dampak lainnya adalah sedimentasi pada muara Sungai Angke dan Sungai Karang dan Sungai Karang yang tertutup oleh material reklamasi faktor ini mengganggu operasional PLTGU Muara Karang. PLTGU Muara Karang, PLTGU Priok dan PLTGU Muara Tawar, ketiga pemebangkit tersebut memasok sekitar 53% dari kebutuhan listrik di Jakarta dan sekitarnya.


Bidang Tehknologi
  1. Pembajakan Gangguan Pay TV.
Bisnis televisi berbayar (pay TV) diprediksi makin bersinar tahun ini. Disisi lain operator televisi berbayar menghadapi tantangan maraknya pembajakan konten oleh operator illegal.
Sekjen Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI) Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, pertumbuhan televisi berbayar tahun ini diperkirakan sekitar 40-50%. Hal ini didukung oleh kondisi ekonomi yang baik dan meningkatnya permintaan masyarakat akan tayangan yang lebih variatif.
Saat ini jumlah pelanggan televisi berbayar di Indonesia sekitar 2 juta pelanggan. Jika dibanding jumlah pengguna televisi berbayar di Indonesia masih sangat kecil yakni sekitar 6%. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, ya operator harus rajin sosialisasi dan cabang diperbanyak supaya masyarakat bisa lebih mudah untuk subscribe.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Okevision Beydra Yendi mengungkapkan, tahun ini Okevision berani menargetkan pertumbuhan pelanggan hamper tiga kali lipat, yakni dari 76.000 pelanggan tahun 2011 menjadi 200.000 pelanggan. Optimisme yang sama juga dikemukakan CEO Aora TV Guntur Siboro. Dengan jumlah pelanggan Aora TV yang telah mencapai 150.000, dia optimisti pertumbuhan pelanggan tahun ini bisa dua kali lipat lebih dibanding tahun sebelumnya.
CEO CASBAA Simon Twiston Davies mengatakan, di Indonesia operator televisi berbayar juga menghadapi tantangan yang sama, yakni maraknya pembajakan konten oleh operator illegal. Para operator illegal ini tidak membeli konten secara legal kepada penyedia konten melainkan membajaknya dari operator legal lalu menjual ke pelanggan dengan harga murah. Akibatnya, operator legal, penyedia konten termasuk Negara dirugikan.
Arya Mahendra Sinulingga menghitung secara kasar kerugian Negara bisa mencapai USD45 juta per bulan, dengan asumsi pelanggan operator ilegal mencapai 5 juta pelanggan. Untuk itu, pelaku usaha meminta pemerintah tegas terhadap maraknya praktik penyiaran konten oleh operator ilegal.  






Sumber: Seputar Indonesia, selasa 28 Februari 2012
Seputar Indonesia, rabu 29 Februari 2012
Seputar Indonesia, sabtu 3 Maret 2012
Seputar Indonesia, kamis 1 Maret 2012
Seputar Indonesia, jumat 9 Maret 2012
Seputar Indonesia, rabu 14 Maret 2012











Tidak ada komentar:

Posting Komentar